Manfaat Membaca Untuk Anak Anak


 Budaya membaca anak anak Indonesia bisa dibilang cukup memprihatinkan. Bisa dibilang cukup banyak anak yang lebih memilih bermain game atau nonton video dengan smartphone mereka dibandingkan membaca. Padahal sebenarnya membaca ini memiliki manfaat yang cukup banyak bagi anak anak.

Beberapa manfaat dari membaca yang bisa diperoleh anak anak ini antara lain adalah sebagai berikut :

1. Menambah perbendaharaan kosa kata

Salah satu manfaat yang bisa diperoleh dengan membaca adalah mampu menambah perbendaharaan kata. Dengan membaca kita akan mengetahui kata kata ataupun frasa baru yang mungkin sebelumnya belum pernah didengar.

2. Meningkatkan Kemampuan Berbahasa

Selain menambah perbendaharaan kata, membaca juga bisa meningkatkan kemampuan berbahasa anak anak. Misalnya saja anak akan lebih mudah dalam menyusun kata kata yang ada untuk berkomunikasi dengan orang lain. 

3. Meningkatkan Konsentrasi Anak

Kebiasaan anak anak membaca juga bermanfaat untuk meningkatkan daya konsentrasi mereka. Anak anak yang terbiasa membaca akan lebih mudah berkonsentrasi dan memusatkan pikiran pada satu hal sambil berdiam diri. 

4. Meningkatkan daya kreasi dan imajinasi

Dengan membaca buku anak anak juga bisa meningkatkan kreativitas mereka. Mereka bisa memvisualisasikan apa yang mereka baca, mendapatkan berbagai ide baru yang nantinya akan menunjang daya kreasi mereka.

5. Menambah Wawasa

Hal lain yang juga bisa didapat anak anak dengan membaca buku adalah akan menambah wawasan mereka. Dengan membaca buku mereka akan tahu berbagai hal yang ada di dunia. Misalnya saja mereka akan tahu kenapa air laut rasanya asin, kenapa magnet bisa menarik besi dan berbagai ilmu pengetahuan lainnya.

Dengan banyaknya manfaat yang bisa diperoleh anak anak dari membaca buku ini maka tak ada salahnya jika kemudian orang tua berusaha membuat anaknya mulai menyukai buku dan membacanya. Tak hanya orang tua saja yang berperan di sini, masyarakat yang ada di sekitarpun sebenarnya juga bisa memiliki peranan dalam meningkatkan minat baca anak, misanya saja dengan membuat perpuastakaan yang isinya bacaan bacaan untuk anak. Demikian juga Demikian juga pihak pihak lain juga bisa berperan dalam meningkatkan minat baca anak, misalnya saja dengan membuat campaign terkait budaya membaca seperti yang dilakukan oleh Tanoto Foundation dengan gerakan / kampanye #IndonesiaCintaMembaca yang mereka lakukan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Menyewa Mobile Home

Hal Untuk Periksa Pada Sebelum Menyewa Rumah

Konsultasi Masalah Kesehatan Mudah dengan SehatQ.Com